Tuesday, October 11, 2011

Definisi Diabetes Mellitus

Definisi Diabetes Melitus

Diabetes mellitus adalah keadaan hiperglikema kronik disertai berbagai kelainan metabolik akibat gangguan hormonal yang menimbulkan berbagai komplikasi kronik pada mata, ginjal, syaraf dan pembuluh darah disertai lesi pada membran basalis dalam pemeriksaan dengan mikroskop elektron (Mansjoer, 2000).

Diabetes mellitus adalah suatu penyakit kronis yang menimbulkan gangguan multi sistem dan mempunyai karakteristik hyperglikemia yang disebabkan defisiensi insulin atau kerja insulin yang tidak adekuat (Brunner dan Sudartha, 2001).

Diabetes mellitus adalah penyakit yang mengenai semua organ tubuh dan menimbulkan berbagai macam keluhan dengan gejala yang sangat bervariasi (Waspadji, 2002). Dari pengertian-pengertian diatas dapat di ambil kesimpulan bahwa diabetes mellitus merupakan suatu sindrom gangguan metabolik secara genetis dan klinis ditandai oleh hiperglikemia yang meliputi kelainan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein yang dapat mengenai semua organ tubuh dengan gejala yang sangat bervariasi.

No comments:

Post a Comment