Wednesday, October 12, 2011

Empat pilar diabetes mellitus

Empat pilar diabetes mellitus

Empat pilar diabetes mellitus antara lain:
a. Perencanaan makan.
b. Latihan jasmani.
c. Pengobatan atau obat berkhasiat hipoglikemik.
d. Penyuluhan.

a. Perencanaan Makan
Pada dasarnya perencanaan makan pada diabetes tidak berbeda dengan perencanaan makan pada orang normal. Untuk mendapatkan kepatuhan terhadap pengaturan makan yang baik, adanya pengetahuan mengenai bahan penukar akan sangat membantu pasien. Menurut Suyono (2004), selain perencanaan makan, ada juga terapi gizi dengan tujuan membantu orang dengan DM memperbaiki kebiasaan gizi dan olahraga untuk mendapatkan kontrol metabolik yang lebih baik.

b. Latihan Jasmani
Manfaat latihan jasmani Manfaat latihan jasmani bagi penyandang DM antara lain meningkatkan penurunan kadar glukosa darah, mencegah kegemukan, ikut berperan dalam mengatasi kemungkinan terjadi komplikasi aterogenik, gangguan lipid darah, peningkatan tekanan darah, hiperkoagulasi darah.

c. Pengobatan atau Farmakologi
Terapi ini berupa tambahan pemberian obat-obatan jika sebelumnya sasaran gula darah belum tercapai dengan diet dan latihan jasmani.

d. Penyuluhan
DM merupakan sakit kronis yang memerlukan perilaku penanganan mandiri yang khusus seumur hidup. Karena diet, aktifitas fisik dan stres fisik serta emosional dapat mempengaruhi pengendalian diabetes, maka penderita harus belajar untuk mengatur keseimbangan berbagai faktor. Penderita bukan hanya harus belajar keterampilan untuk merawat diri sendiri setiap hari guna menghindari penurunan atau kenaikan kadar glukosa darah yang mendadak, tetapi juga harus memiliki perilaku preventif dalam gaya hidup untuk menghindari komplikasi diabetik jangka panjang. Penghargaan penderita tentang pentingnya pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki oleh penderita diabetes dapat membantu perawat dalam melakukan pendidikan dan penyuluhan (Smeltzer and Bare, 2002). Menurut Suyono (2004), penyuluhan kesehatan merupakan suatu proses yang berlangsung secara terus menerus, yang kemajuannya harus terus diamati terutama oleh mereka yang memberikan penyuluhan.


No comments:

Post a Comment