Tuesday, October 11, 2011

Tipe Diabetes Pada Kehamilan

Tipe Diabetes Pada Kehamilan

Pembagian Diabetes Melitus pada Kehamilan terbagi menjadi :
1) Diabetes Melitus yang memang sudah diketahui sebelumnya dan kemudian menjadi hamil (Diabetes Melitus Hamil=DMH=Diabetes Melitus Gestasional). Sebagian besar termasuk golongan Insulin Dependent Diabetes Melitus/IDDM (Diabetes Melitus yang tergantung pada insulin).

2) Diabetes Melitus baru saja ditemukan pada saat kehamilan (Diabetes Melitus Gestasional=DMG). Umumnya termasuk golongan Non Insulin Dependent Diabetes Melitus/NIDDM (Diabetes Melitus yang tidak tergantung pada insulin).

Sedangkan Diabetes Melitus Gestasional sendiri dibagi menjadi dua sub kelompok:
a) Sebenarnya sudah mengidap Diabetes Melitus sebelumnya, tapi baru diketahui saat hamil (sama dengan Diabetes Melitus Hamil).

b) Sebelumnya belum mengidap diabetes mellitus, baru mengidap diabetes mellitus dalam masa kehamilan (Pregnancy-Induced Diabetes Melitus, DMG sesungguhnya) sesuai dengan definisi lama WHO 1980.

Kedua sub kelompok ini baru dapat dibedakan setelah dilakukan Tes Toleransi Glukosa Oral (TTGO) ulangan pasca persalinan. Untuk sub kelompok Diabetes Melitus Hamil, hasil Test Toleransi Glukosa Oral (TTGO) pasca persalinan masih akan tetap abnormal, sementara untuk Diabetes Melitus Gestasional hasil kembali normal (Maryunani, 2008).

No comments:

Post a Comment